Pengertian Tari - ARIFUBLOG

ARIFUBLOG

Meningkatkan Intelektual Anda

About

test banner

Materi

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Minggu, 05 Mei 2019

Pengertian Tari


Gambar terkait
PENGERTIAN TARI SECARA UMUM :
SENI TARI ADALAH..
1)    Ekspresi jiwa manusia yang diungkapkan melalui gerak yang ritmis dan indah.
Ritmis adalah gerak yang mengikuti irama,ritme atau alunan music. Indah adalah gerakan yang berasal dari kehidupan sehari hari yang telah mengalami  proses stillisasi atau penghalusan sehingga menghasilkan gerak yang indah.
2)    Merupakan seni yang dihasilkan dari mimic,gerak dan tingkah laku seseorang yang diiringi dengan music.
3)    Gerak tubuh secara berirama yang dilakukan ditempat dna waktu tertentu untuk keperluan pergaulan, mengungkapkan perasaan, maksud dan pikiran.
4)    Salah satu cabang seni yang menggunakan gerak sebagai medianya.

PENGERTIAN TARI DARI BEBERAPA TOKOH
1)    Alma Hawkins, adalah ekspresi jiwa manusia yang diubah oleh imajinasi dan diberi bentuk melalui media gerak sehingga menjadi bentuk gerak yang simbolisasinya sebagai ungkapan si pencipta.
2)    Soedarsono, adalah ekspresi jiwa manusia yang diungkapkan melalui gerak yang ritmis dan indah.
3)    Susanne k langer, adalah gerak ekspresi manusia yang indah, gerakan yang dapat dinikmati melalui penghayatan rasa dan penghayatn ritme tertentu.
4)    Suryodiningrat, adalah gerak seluruh anggota tubuh yang selaras dengan irama music, dan diatur oleh irama yang sesuai dengan maksud tertentu.
5)    Court such , adalah gerak yang ritmis.

JENIS TARI SECARA UMUM MELIPUTI :
1)    Tari tradisional.
2)    Tari modern/kontemporer.
3)    Tari kreasi.
Pengertian ;
1)    Tari tradisional adalah tari yang bertumpu dan berpijak kuat pada tradisi suatu bangsa dalam suatu kelompok masyarakat  daerah tertentu.
Tari tradisional dibagi menjadi tiga yaitu : tari primitive, tari rakyat, tari klasik.
Tari primitive banyak berkembang didaerah pedalaman di bagian timur Indonesia, tarian ini memiliki cirri kesederhanaan dalam gerakannya, contoh tepuk tangan, langkah maju mundur, loncat dan bergulingan.
Tari rakyat : tari yang lahir dan tumbuh berkembang dalam suatu komunitas masyarakat tertentu dan menjadi identitas dari masyarakat tersebut secara turun temurun. Contoh Reyog Ponorogo, saman, topeng Cirebon dll.
Tari klasik adalah tari tradisional yang mempunyai nilai artistic sangat tinggi, baik dari tata busana, tata rias maupun dari gerakannya. Contoh bedhaya ketawang (Surakarta),karseus (Jawa barat), srimpi dll.
2)    Tari modern adalah tari yang diolah secara bebas mengikuti perkembangan jaman tanpa adanya aturan tradisi,dan bersifat masa kini. Contoh modern dance,hip hop, brigdance dll.
3)    Tari kreasi adalah tari tradisi yang telah mengalami pengembangan,baik gerak, kostum maupun tata rias.

1 komentar:

Post Top Ad

Responsive Ads Here